Jumat, 27 April 2012

Proses organisasi


" Dalam Organisasi tentunya terdapat proses-proses yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Seperti, Proses mempengaruhi pengambilan keputusan dan komunikasi adalah proses-proses manejerial karena secara nyata dilaksanakan oleh para manajer. Proses-proses ini juga merupakan proses-proses organisasional karena lebih penting daripada manajer individual dalam pengaruhny apada pencapaian tujuan–tujuan organisasi. Ketiga proses organisasi dan manejemen ini merupakan bagian vital sistem organisasi formal dan mempunyai implikasi-implikasi sangat penting terhadap perilaku organisasi.
Didalam proses organisasi terdapat beberapa proses pendukung lainnya yaitu antara lain :
1. Proses memahami
Merupakan proses untuk memmpengaruhi yaitu suatu bentuk kegiatan atau keteladanan yang baik secara langsung atau tidak langsung mengakibatkan suatu perubahan perilaku dan sikap orang lain atau kelompok. Proses ini biasanya diterapkan untuk mengerti suatu bentuk kebiasaan atau perilaku dari anggota organisasi sehingga dapat melihat dan memehami karakterisitik dari sebuah organisasi itu sendiri.
2. Proses Pengambilan Keputusan
Keputusan dari seorang pemimpin tidak datang secara tiba-tiba, tetapi melalui suatu proses. Pengambilan keputusan yang akan diwujudkan menjadi kegiatan kelompok merupakan hak dan kewajiban pucuk pimpinan berupa wewenang dan wewenang itu dapat dilimpahkan.
Pengambilan keputusan oleh seorang pemimpin yang bersifat apriori (berburuk sangka) selalu merupakan proses, baik yang berlangsung dalam pikiran maupun dalam kegiatan oprasioal pemecahan masalah. Proses pengambilan keputusan itu berlangsung dengan Konsep sebagai berikut :
  • Identifikasi dan diagnosis masalah
  • Pengumpulan dan analisis data yang relevan
  • Pengembangan & evaluasi alternantif
  • Pemilihan alternatif terbaik
  • Implementasi keputusan & evaluasi terhadap hasil -hasil
a. Tipe –Tipe Keputusan Manajemen
  • Keputusan-keputusan perseorangan dan strategi
  • Kepusan-keputusan pribadi dan strategi
  • Keputusan-keputusan dasar dan rutin
Sementara itu tahapan-tahapan dalam proses pengambilan keputusan dapat dikemukakan sebagai berikut :
3. Proses Pengambilan Keputusan
a. Model-model Pengambilan Keputusan
  • Relationalitas Keputusan
  • Model-model perilaku pengambilan keputusan
b. Teknik Pengambilan Keputusan
  • Teknik -teknik Kreatif: Brainstorming & Synectics
  • Teknik -teknik Partisipatif
  • Teknik -teknik pengambilan keputusan Modern : Teknik Delphi, Teknik Kelompok Nominal "
Sumber :
dhiazaditya0606.wordpress.com/…/struktur-organisasi-proses-organis
ocw.gunadarma.ac.id/…and…organisasi…/proses-organisasi/view

Kesimpulan / pendapat saya : 

Dalam sebuah organisasi kita dikenal denga sebuah “ proses” ,  semua di awali dengan “ proses “. Misal kita memulai sebuah organisasi tidak langsung terbentuk dan tersusun begitu aja, semua di mulai dengan “ proses “ ada proses awal perkenalan, interaksi antar sesamanya setelah ituu ada di mulai proses pembentukkan misalnya sebagai ketua , wakil , sekretaris , bendahar , seksi seksi yang turut campur dalam sebuah organisasi. Kemudian terbentuklah sebuah organisasi yang terstruktur .
Lalu ada , setelah terbentuknya kepemimpinan terbuatlah struktur – struktur , program kerja , peraturan – peraturan , ancaman hukuman untuk yang melanggar nya semua harus ada dalam sebuah organisasi aga tercapainya visi dan misi organisasi tersebut.
Ada juga sebuah keputusan , yaitu suatu tindakan atau perkataan yang di lakukan seorang pemimpin atau atasan dalam sebuah organisasi , ada beberapa konsep penganbilan keputusan   di antaranya
  • Identifikasi dan diagnosis masalah
  • Pengumpulan dan analisis data yang relevan
  • Pengembangan & evaluasi alternantif
  • Pemilihan alternatif terbaik
  • Implementasi keputusan & evaluasi terhadap hasil -hasil
Namu sering kali kita dengan menggunakan cara untuk pengambilan keputusan  yaitu musawarag dan mufakat atau dengan vooting ( pengambilan suara ) dsb. Bermacam – macam semu namun satu tujuan.
Itulah bagian isi yang terjadi didalam sebuah organisasi , tidak mudah dalam beroganisasi namun sangat erat berkaitan dalam kehidupan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar